NESIATIMES.COM – Surat perjanjian sewa tanah merupakan salah satu dokumen penting dalam perjanjian sewa tanah.

Surat tersebut menjadi pondasi atas hak dan kewajiban bagi kedua belah pihak yang sesuai dengan landasan hukum yang berlaku. Dengan begitu, transaksi akan terjamin baik bagi pihak pemilik maupun penyewa tanah.Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan fungsi, asas, syarat dan isi pada surat perjanjian sewa tanah  Terutama bagi yang hendak melakukan proses kerja sama mengenai properti sewa tanah.

Adapun isi di dalam surat perjanjian sewa tanah turut melibatkan saksi dan harus dikonfirmasi dengan penandatanganan di atas materai sesuai isi perjanjian. Melansir dari AESIA, Jumat (4/8/2023), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam surat perjanjian sewa tanah:

Fungsi Surat Perjanjian Sewa Tanah

Surat ini berfungsi untuk menjamin keamanan serta hak dan kewajiban kedua belah pihak sehingga tidak boleh dibuat sembarangan dan asal-asalan Surat perjanjian sewa tanah menjadi bukti sah adanya transaksi atas pelaksanaan kerja sama suatu properti atau pelaksanaan sewa tanah.Hal itu dapat mengurangi risiko hukum atau kecurangan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Asas Proses Transaksi

Dalam transaksi sewa maupun jual beli tanah, terdapat dua asas yakni asas tunai dan asas terang.Asas tunai berarti sebuah proses transaksi yang dilakukan sesuai dengan kesepakatan perjanjian kedua belah pihak. Sedangkan, asas terang berarti proses transaksi dilakukan secara terbuka dan tidak ditutup-tutup.Poin ini akan dinyatakan sah apabila proses transaksi jual beli berlangsung di hadapan PPAT/pejabat publik yang berwenang.

Syarat Sah Surat Perjanjian Sewa

– Ditulis di atas kertas dengan tanda tangan nama terang di atas materai

– Pembuatan surat atas kesadaran diri masing-masing, tanpa ada paksaan

– Kedua belah pihak sehat secara mental

– Isi perjanjian memuat hak dan kewajiban kedua belah pihak

– Masing-masing pihak memahami hak dan kewajiban serta maksud dan tujuan surat perjanjian

– Poin-poin yang ditulis telah disetujui oleh kedua belah pihak tanpa paksaan

– Isi surat perjanjian sesuai dengan undang-undang dan norma yang berlaku

Contoh Surat Sewa Tanah

Terdapat sejumlah poin yang perlu termuat dalam surat perjanjian sewa tanah, antara lain:

1. Informasi Surat Lengkap

Informasi terkait alamat lengkap dan posisi lahan harus dicantumkan setelah penulisan identitas pemilik dan penyewa. Penulisan informasi tanah juga harus ditulis secara lengkap dan sedetail mungkin, tidak hanya batas-batas sekitarnya saja, namun juga ilustrasi atau layout tanah.

2. Uang Muka dan Cara Pembayaran

Penulisan nominal harga sewa, uang muka, serta cara pembayaran harus dicantumkan dengan jelas.Penulisan uang muka atau down payment perlu dicantumkan, terlebih jika memilih metode pembayaran bertahap/termin.Selain itu, besar pembayaran bertahap/termin dan jangka waktu sewa juga perlu dicantumkan secara lengkap.

3. Pernyataan Pembebanan Biaya dan Pasal-pasal Mengikat

Ada serangkaian pasal-pasal penting yang juga harus termuat dalam surat pernyataan sewa tanah.Seperti tanggungan biaya pajak, iuran lingkungan, biaya pemakaian sarana pendukung, serta biaya terkait properti lainnya.